Latihan untuk Mendorong Kreatifitas (1)

Latihan untuk Mendorong Kreatifitas
Sebelum saya menyampaikan beberapa latihan yang dapat membantu mendorong kreativitas, mari kita sejenak untuk mempertimbangkan apa itu kreativitas, mengapa kita berkeinginan untuk mendorong kreativitas, dan apa yang dibutuhkan untuk mendorong kreativitas melalui latihan, baik itu kreativitasnya sendiri atau orang lain.

Definisi Kreativitas

Jika seseorang ingin mendorong kreativitas, disarankan bahwa ia pertama kali memiliki definisi yang jelas tentang istilah ini. Namun, Kreativitas merupakan istilah ilusif dan kompleks yang tampaknya menentang definisi, jadi biar saya daftar beberapa pilihan dan memilih apa yang paling sesuai dengan Anda. Kreativitas harus dilakukan dengan pemikiran asli dan fleksibel, kemampuan untuk memperhatikan detail, kemampuan untuk mengatasi ketidakpastian. Individu yang kreatif memiliki motivasi tinggi untuk mengatasi hambatan dan memecahkan masalah, kesediaan untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan, keinginan untuk bekerja keras untuk diakui.

Manfaat Kreativitas

Mendorong kreativitas melalui latihan adalah cara yang telah terbukti untuk mengembangkan pikiran muda. Latihan kreativitas dalam pendidikan anak sangat meningkatkan peluang mereka untuk menjadi orang dewasa yang sukses dan konstruktif yang mampu mengatasi dunia yang berubah dengan cepat. Lingkungan yang mendorong kreativitas juga merupakan dasar yang kuat untuk kesehatan mental. Latihan kreativitas mengolah siswa bermotivasi tinggi yang tidak rentan terhadap stres dan kebosanan.

Latihan kreativitas - Apakah yang Diperlukan oleh Pembimbing

Pertama dan terpenting: Anda harus mempraktekkan apa yang Anda sampaikan, Anda harus menjalankan apa yang Anda katakan, atau dengan kata lain, jika Anda ingin mendorong kreativitas seseorang, jadilah kreatif! Tunjukkan pada mereka. Jangan memberitahu mereka. Jadilah panutan untuk melatih kreativitas dan mereka akan mengikuti.

Kreativitas harus ditangani dengan hormat dan baik. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan lingkungan fisik khusus dan cocok untuk latihan kreativitas. Lingkungan seperti ini harus nyaman dan memungkinkan, dan dijaga dari gangguan luar.

Apa yang bahkan lebih penting daripada lingkungan fisik adalah emosi. Tanggung jawab Anda adalah untuk menciptakan tempat yang aman untuk mengekspresikan ide-ide, membuat kesalahan, bertindak bodoh, dan tidak akan dihakimi atau diejek. Saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Menghakimi membunuh kreativitas. Batasi koreksi dan saran hingga seminimum mungkin. Abaikan mentalitas benar dan salah, hitam dan putih, baik dan buruk. Memungkinkan siswa untuk berani mengungkapkan pikiran mereka, individualitas mereka. Untuk mencapai lingkungan yang aman bagi ekspresi diri, pastikan untuk memasukkan dalam latihan kreativitas Anda bahan berikut: humor, tawa, musik, seni, drama, tari, dan gerakan.

Beberapa latihan kreativitas berikut memerlukan bahan-bahan tertentu. Pastikan untuk menyediakan bahan-bahannya. Anda mungkin harus menyediakan bahan-bahan tambahan yang tidak langsung berhubungan dengan latihan yang direncanakan, dalam kasus siswa Anda akan datang dengan ide-ide segar dan membutuhkan bahan untuk mewujudkannya.

Mengekspos siswa pada karya seni kreatif untuk menginspirasi mereka, tapi hati-hati untuk tidak berlebihan melakukannya. Anda ingin memberikan siswa ide, untuk memulai kekreatifan mereka; Anda ingin mereka didorong, bukan membuatnya berkecil hati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar