Latihan untuk Mendorong Kreatifitas (2)

Latihan untuk Mendorong Kreatifitas

Latihan Kreativitas # 1 - Image Streaming

Latihan ini dapat dilakukan berpasangan atau sendiri. Peserta latihan menutup matanya dan menanyakan pada dirinya sendiri sebuah pertanyaan. Peserta kemudian menjelaskan dengan suara keras citra visual mentalnya baik kepada peserta lain atau ke perekam. Penggambaran dari citra mental harus mengalir dan berurutan. Dalam proses penggambaran gambar yang ia lihat dalam benaknya, peserta harus berkonsentrasi pada rincian sensorik. Misalnya, "Saya merasakan kelembutan pakaian yang baru selesai dicuci", "Kakiku menempel pada ubin dingin", "Aku mencium bau hujan." Peserta harus membuat pendengarnya mengalami dengan jelas apa yang ia lihat. Dalam rangka mengembangkan dan mempertahankan pencitraannya, mahasiswa harus bertanya kepada dirinya sendiri pertanyaan-pertanyaan baru mengenai sifat dari benda yang ia lihat dalam benaknya dan menjelajahi mereka secara rinci. Penyampaian gambaran mental harus cepat dilakukan untuk menghindari penghakiman dan pikiran kritis. Latihan ini akan dilaksanakan selama setidaknya 10 menit setiap kali. Seiring waktu, latihan ini meningkatkan kreativitas dan kecerdasan.

Kreativitas Latihan # 2 - Tantangan Berpikir Tradisional

Latihan ini dapat dilakukan dalam kelompok atau secara individu. Pemikiran rutin baik untuk tugas sehari-hari, karena Anda melakukan tugas tanpa menggunakan pikiran dan membuang-buang energi pada proses berpikir. Misalnya, jika Anda mengambil rute yang sama untuk bekerja setiap hari, Anda segera berkendara dalam mode auto-pilot. Namun, jika Anda memiliki tugas yang mengharuskan Anda mengambil rute yang berbeda, maka Anda harus berkonsentrasi dan menyadari belokan kiri dan kanan yang Anda buat. Jika pikiran Anda melayang, Anda akan menemukan diri Anda akan tidak sengaja di jalur lama Anda. Jika Anda ingin melatih kreativitas dalam memecahkan masalah, Anda harus bebas dari pemikiran rutin. Hal ini dapat dicapai dengan memaksa pikiran untuk menemukan rute baru. Petunjuk: buat daftar kata dan tulis setiap kata pada kartu. Untuk setiap kata menginstruksikan peserta untuk datang dengan 2 kata yang terkait dan catat pada kartu yang terpisah juga. Anda sekarang memiliki kelompok tiga kata masing-masing. Dan sekarang untuk bagian kreatif: acak memilih dua kata yang tak berhubungan dan instruksikan peserta Anda untuk datang dengan hubungan antara dua kata yang tampaknya tidak berhubungan. Hal ini akan memaksa proses berpikir mereka untuk membentuk sebuah rute yang asing, hubungan antara dua titik yang tidak berhubungan sampai sekarang. Memaksa pikiran kita untuk menemukan jalan baru yang menghubungkan A dan B adalah meningkatkan kreativitas. Sepanjang baris yang sama, Anda dapat mencoba variasi ini: membuat peta garis dasar sebuah negara tanpa nama negara. Alih-alih nama negara tadi, tulis nama-nama negara-negara dunia. Misalnya, alih-alih Texas menulis Kanada, California tapi ditulis Perancis. Dan seterusnya. Sekarang mintalah peserta agar dapat menemukan hubungan antara negara. Ingat bahwa kita tidak mencari jawaban yang benar. Latihan ini untuk menciptakan rute baru. Jadi jangan menguji pengetahuan peserta Anda. Dorong mereka untuk datang dengan asosiasi yang bisa mereka pikirkan. Hal ini dapat berhubungan dengan budaya, ekonomi, bahasa, tetapi juga dapat berhubungan dengan ejaan nama-nama atau ucapan mereka. Bersikaplah terbuka.

Kreativitas Latihan # 3 - The Gods Must Be Crazy

Seseorang dari suku Bushman Afrika, tidak pernah bersentuhan dengan kebudayaann lain, menemukan botol Coca Cola kosong di gurun Kalahari. Ia meneliti botol misterius tadi dengan seksama, bertanya-tanya apa fungsinya. Lalu ia mencoba meniup botol dan merasa senang karena menghasilkan bebunyian. Latihan ini mendorong peserta menjadi seorang Bushman.Anda perlu untuk mengumpulkan 5 sampai 10 alat peraga. Berikan alat peraga itu kepada peserta Anda dan meminta mereka untuk menemukan kegunaan baru setiap alat. Latihan ini mendorong kreativitas karena memaksa proses berpikir untuk menghapus atau mengabaikan apa yang diketahui dan menemukan cara-cara segar melihat sesuatu yang familiar.

Kreativitas Latihan # 4 - Kisah Musik

Mainkan sepotong musik klasik, sebaiknya lagu yang peserta Anda tidak tahu. Redupkan lampu, instruksikan siswa Anda untuk menutup mata dan mendengarkan baik-baik. Musik menceritakan sebuah cerita, ia menceritakan tentang cuaca, tentang seorang miskin atau kaya, tentang cinta gila yang kini sekarat. Mintalah setiap siswa untuk mengikuti setiap plot, setiap perubahan atmosfer. Kemudian hentikan musik dan minta siswa untuk menuliskan cerita mereka, dengan sedetail mungkin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar